Penguasaan bahasa Inggris merupakan salah satu kunci keberhasilan angkatan kerja dalam bersaing di dunia kerja pada era globalisasi ini, khususnya setelah bergulirnya era industry 4.0 dimana perkembangan teknologi dan informasi terjadi sangat cepat dan masif. SMK sebagai wadah pendidikan di Indonesia yang bertujuan melahirkan angkatan kerja yang kompetitif dan siap kerja harus mampu memfasilitasi para siswa dan calon lulusan dengan tuntutan pasar kerja dalam berkomunikasi dengan bahasa Inggris di dunia kerja.
Jumlah jam belajar bahasa Inggris di SMK sebanyak 270 jam selama 3 tahun, dibandingkan dengan tuntutan jumlah jam belajar bahasa Inggris untuk mencapai tingkat kemampuan bahasa Inggris yang cukup bagi siswa SMK adalah 530-600 jam tentunya sangat kurang. Rekomendasi strategi peningkatan mutu pendidikan bahasa Inggris dengan tantangan kondisi aktual di SMK saat ini menjadi kebutuhan yang mendesak dalam rangka peningkatan daya saing lulusan SMK menghadapi persaingan global di era industry 4.0