Peningkatan mutu pendidikan merupakan sasaran pembangunan di bidang pendidikan nasional dan merupakan bagian integral dari upaya peningkatan kualitas manusia Indonesia. Pendidikan yang baik diharapkan dapat mencetak generasi penerus bangsa yang berkualitas dan mampu mengadakan perubahan ke arah yang lebih baik dalam kehidupan bermasyarakat berbangsa dan bernegara. Salah satu strategi dalam peningkatan mutu pendidikan di SMK adalah dengan melakukan revitalisasi bersandar pada konsep keberlanjutan (sustainability).
Kajian kebijakan ini bertujuan untuk memberikan gambaran mengenai kondisi SMK saat ini serta memberikan rekomendasi terkait dengan pelaksanaan revitalisasi berkelanjutan. Berdasarkan hasil kajian diperoleh bahwa pondasi dasar dalam revitalisasi SMK adalah karakter kepemimpinan yang dimiliki kepala sekolah. Kepala sekolah sebagai pemimpin juga harus punya tujuan, visi dan misi yang jelas sehingga dapat membawa sekolah menjadi berkembang dan pada akhirnya dapat meningkatkan mutu sekolah. Sementara, faktor pengungkit dari revitalisasi berkelanjutan adalah guru. Semakin baik kualitas guru yang ada di sekolah, maka semakin besar pula peluang menciptakan generasi penerus bangsa yang berkualitas.

Dosen Manajemen SDM (HR Management), Budaya Organisasi (Organizational Culture), Literasi Finansial pada Universitas Terbuka; Pemerhati School Governance SMK.