Skip to content
Menu
ariewibowo.id
  • ARTIKEL
  • JURNAL
  • BUKU
  • SLIDE
  • SPIRIT QOLBU
  • GALERI
  • KONTAK
ariewibowo.id

Turbulensi Dalam Revitalisasi SMK

Posted on November 17, 2020November 17, 2020 by Dr. Arie Wibowo Khurniawan, S.Si, M.Ak
Dilihat : 494

Para pembaca buku ini, baik mahasiswa, guru, kepala sekolah,pengawas sekolah, maupun pengambil kebijakan pendidikan, akan diajak berkelana untuk mengenal kecerdasan adversitas diri dan organisasi dalam mengantisipasi turbulensi. Kecerdasan adversitas (lead-core) secara organisasi bagi SMK yang terdiri atas kemampuan belajar beradaptasi terus menerus, mengeksplor kemajuan dan tantangan zaman yang turbulensi, menganalisis kelemahan kelebihan dan peluang menjadi unggul,serta kemampuan merealisasikan visi-misi. Selain itu kemampuan untuk memberikan kontrol penuh jalannya organisasi SMK, pembangkitan ide–ide kreatif ownership yang original, kemampuan menentukan jangkauan dengan SMART, dan daya tahan terhadap berbagai tekanan turbulensi, akan membuat SMK menjadi memiliki daya saing yang robust terhadap pemenuhan kebutuhan dunia usaha dan dunia industri di Indonesia.

Pembaca akan diajak untuk menganalisis tingkat pemahaman siswa dan guru sebagai faktor yang paling berpengaruh terhadap hasil ujian nasional dibandingkan tingkat kesukaran soal. Selanjutnya betapa pentingnya usaha menghadapi revolusi industri 4.0 untuk melaksanakan revitalisasi SMK secara menyeluruh, dimulai dari perbaikan kurikulum SMK yang sesuai dengan trend ke depan. Akreditasi dan sertifikasi yang mengacu pada Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia menjadi prioritas yang harus ditingkatkan. Selain itu, diperlukan upaya terobosan guna mencetak calon guru sesuai bidang kompetensi keahlian, seperti pertanian, kelautan, ekonomi kreatif maupun teknologi informasi.

Terbitnya Inpres No.9 tahun 2016 seharusnya diiringi penambahan anggaran yang memadai, untuk mengawal penerapannya. Exit Strategy diperlukan untuk melengkapi anggaran pemerintah terkait dengan pendidikan SMK. Peran SMK dapat lebih dimaksimalkan melalui penerapan model pembelajaran Teaching Factory (TeFa) dan diajarkan mata pelajaran Produk Kreatif dan Kewirausahaan (PKK) untuk membentuk sumberdaya manusia yang andal dan berkualitas. SMK perlu mengasah dan meningkatkan jiwa wirausaha, kreativitas, dan inovasi dalam menghadapi tantangan perkembangan ipteks di dunia usaha dan industri. Pembelajaran berbasis teknologi (IOT, U-learn) harus digunakan dan dimanfaatkan secara maksimal untuk meningkatkan daya saing lulusan. Akses jaringan online menjadi kebutuhan yang harus dimiliki SMK, terkait dengan ketenagakerjaan lulusan SMK. Industri pengolahan menjadi sektor yang menyerap tenaga kerja lulusan SMK.


Penataan kelembagaan bidang keahlian SMK oleh pemerintah provinsimenjadi hal yang serius untuk dijalankan, mengingat bahwa kondisi SMK saat ini membuka bidang keahlian lebih dari 3 bidang keahlian dalam satu sekolah dan berbeda-beda. Hal tersebut mengakibatkan SMK tidak fokus dalam menyediakan layanan pendidikan dan pengembangan sekolahnya. Wealth management dikombinasi dengan good school governance, dapat dikembangkan di pendidikan SMK yang selain dapat menjadi manajemen keuangan yang transparansi, akuntabilitas, efektivitas, dan efisiensi serta dapat secara mandiri membiayai pengembangan dan peningkatan mutu sekolah. Pembuatan badan usaha di bawah sekolah perlu dilakukan sebagai langkah awal penerapan wealth management. Adanya keselarasan antara kurikulum yang diajarkan di sekolah dengan kebutuhan dan keterpakaian diindustri sehingga tidak terjadi kesenjangan antara SMK dengan industri. Link and match yang dilakukan tidak hanya dari segi kompetensi, namun dimulai dengan mengubah karakter siswa SMK serta mindset dari yang tidak mau berubah menjadi responsif terhadap perubahan, selaras dengan perkembangan teknologi dan informasi yang ada di industri. Pemutakhiran bahan ajar dengan mengintegrasikan teknologi perlu dilakukan oleh guru sebagai salah satu upaya untuk memberikan pengetahuan dan keterampilan. Terobosan program SMK Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) yang menitikberatkan pada ketaatan jadwal seperti ada proses pembelajaran tatap muka dan praktik, bukanlah merupakan suatu pilihan yang mudah baik bagi penyelenggara, pendidik maupun peserta didik. Keberhasilannya akan turut ditentukan bukan hanya oleh ketersediaan teknologi komunikasi dan informasi saja, melainkan oleh kualitas materi ajar, pengajar, peserta didik, metode pedagogi, interaksi yang dapat diakomodir, dan sistem pendukung lainnya yang dibangun oleh penyelenggara pendidikan jarak jauh.


Pembaca setelah membaca buku ini secara menyeluruh akan mendapatkan gambaran lengkap bagaimana pentingnya kesadaran terhadap keberadaan turbulensi yang melingkupi SMK, dan bagaimana pentingnya SMK dalam pembentukan sumberdaya manusia yang kreatif inovatif, serta produktif sebagai penentu keberhasilan pembangunan bangsa dan NKRI.

Powered By EmbedPress

Dr. Arie Wibowo Khurniawan, S.Si, M.Ak

Dosen Manajemen SDM (HR Management), Budaya Organisasi (Organizational Culture), Literasi Finansial pada Universitas Terbuka; Pemerhati School Governance SMK.

  • Legacy Panduan Norma dan Standar Laboratoriun atau Bengkel SMK
  • Legacy Poster Edukasi SMK
  • Legacy Ebook Sarpras Series: Panduan Pengelolaan Sarpras SMK
Set your Author Custom HTML Tab Content on your Profile page

2 thoughts on “Turbulensi Dalam Revitalisasi SMK”

  1. LESTARI WIDODO berkata:
    November 17, 2020 pukul 9:24 pm

    Bismillahi Alhamdulillah sangat² luar biasa dalam penduli pendidikan menuju sukses kecerdasan peserta didik anak bangsa yg berkualitas mendunia..
    meski BIASA
    tetapi BISA
    jadi HEBAT
    itulah SMK
    kualitas DUNIA

    VOKASI KUAT
    MENGUATKAN INDONESIA

    *SANGAT BERMANFAAT*

    Balas
  2. Lestari Widodo berkata:
    November 18, 2020 pukul 11:42 am

    Bismillahi Alhamdulillah
    MANTAP

    biar BIASA
    tapi BISA
    jadi HEBAT
    itulah SMK

    salam SEHAT
    tetap SEMANGAT
    jaga IMUNITAS

    VOKASI nyata KUAT
    MENGUATKAN INDONESIA

    (taklim ikhlas, al’faqir)

    Balas

Tinggalkan Balasan Batalkan balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Recent Posts

  • Legacy Panduan Norma dan Standar Laboratoriun atau Bengkel SMK
    Legacy Panduan Norma dan Standar Laboratoriun atau Bengkel SMK
    Mei 17, 2022
  • Legacy Poster Edukasi SMK
    Legacy Poster Edukasi SMK
    Mei 9, 2022
  • Legacy Ebook Sarpras Series: Panduan Pengelolaan Sarpras SMK
    Legacy Ebook Sarpras Series: Panduan Pengelolaan Sarpras SMK
    Mei 9, 2022
  • Gerakan Penataan Sarana dan Prasarana SMK
    Gerakan Penataan Sarana dan Prasarana SMK
    Mei 9, 2022
  • Strategi Pengambilan Keputusan dengan metode AHP
    Strategi Pengambilan Keputusan dengan metode AHP
    Mei 8, 2022

  • 0
  • 3
  • 1
  • 15.224
  • 7.855

  • 0
  • 3
  • 1
  • 15.224
  • 7.855

MENU WEBSITE

  • HOME
  • TENTANG SAYA
©2022 ariewibowo.id